Selasa, 11 Desember 2018 07:34:52
Home | Buku
Merajut Ekonomi dengan Pendekatan Baru
CORE Indonesia, Monday, 03 November 2014

Judul Buku:

Merajut Ekonomi dengan Pendekatan Baru

Jumlah Halaman :

146 Halaman

Narasumber :

Akhmad Akbar Susamto, Andreas Dwi Santosa, Hendri Saparini, Ina Primiana Sagir, Mohammad Faisal, Nunung Nuryartono, Rovicky Dwi Putrohari, Singgih Widagdo, Siti Zuhro


Buku “Merajut Ekonomi dengan Pendekatan Baru” adalah buku kumpulan kajian ekonomi CORE Media Discussion yang telah di adakan selama bulan November 2013 hingga November 2014. Dalam buku ini, CORE Indonesia mencoba untuk mencermati dan mengkaji berbagai persoalan ekonomi yang ada di Indonesia, juga mencari solusi alternatif untuk permasalahan-permasalahan tersebut.

Dalam buku ini, kami mencoba membedah persoalan ekonomi dengan menggunakan pendekatan baru. Sehingga pisau analisa yang  digunakan adalah paradigma—tata nilai pembentuk pola pikir yang mempengaruhi respons atau tindakan terhadap realitas. Sebab, banyak masalah perekonomian di Indonesia gagal diatasi karena penanganannya tidak tepat. Banyak pula target yang meleset karena cara membidiknya salah. Sebagian besar kegagalan terjadi bermula dari kesalahan paradigma yang menentukan pola pikir.  Padahal ibarat hati dan nurani, paradigma adalah inti dari segala langkah yang diarahkan untuk menyelesaikan persoalan.

Buku ini membahas antara lain mengenai kebijakan pengupahan, liberalisasi sektor pertanian, kesiapan industri nasional menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, terobosan bidang pariwisata, komitmen parpol dan pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja, pengelolaan sistem supply chain industri, reformasi APBN, ketahanan energi, makna APBN lama bagi pemerintah baru, tantangan implementasi UU Desa, dan mengurai masalah kelautan.

Buku ini merupakan terbitan kedua dari CORE Indonesia, di samping artikel-artikel yang tersebar di berbagai media massa dalam setahun terakhir. Terbitan pertama dipublikasikan berbarengan dengan peluncuran lembaga kami di Museum Nasional Jakarta pada 2013. Berjudul “Bergegas dengan Cerdas Memenangi Persaingan MEA 2015”, isinya memotret kesiapan sesungguhnya Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sedianya diimplementasikan pada tahun 2015. Tidak hanya mengungkap masalah, buku itu juga memetakan tantangan dan menyajikan solusi.

Harapannya, buku ini dapat menjadi salah satu referensi bagi para akademisi, praktisi, birokrat, maupun masyarakat yang tertarik pada ekonomi pembangunan.

Bagi teman-teman yang berminat dengan buku ini dapat menghubungi via email di info@coreindonesia.org  

Penerbitan obligasi pemerintah Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Surat Utang Negara (SUN) telah menjadi  salah...
Tahun 2019 adalah tahun krusial yang menjadi tahun pembuktian pemerintahan Jokowi-JK terhadap pencapaian target...