Rabu, 21 November 2018 09:33:18
Home |
CORE Quarterly Review
Friday, 20 April 2018

Pada CORE Economic Outlook yang diselenggarakan pada bulan November tahun lalu, CORE telah memprediksi bahwa ekonomi Indonesia di tahun 2018 berpotensi tumbuh 5,1 hingga 5,2%. Prediksi tersebut lebih tinggi dibanding capaian pertumbuhan tahun 2017, namun lebih rendah dibanding target pemerintah sebesar 5,4%.

Untuk bisa mencapai pertumbuhan 5,1-5,2% di tahun ini, CORE mengingatkan pentingnya upaya untuk mendorong pemulihan konsumsi swasta yang sepanjang 2017 mengalami perlambatan. Selain karena kontribusinya yang dominan terhadap PDB, sebab lainnya adalah karena kinerja perdagangan internasional di tahun 2018 berpotensi melemah. Padahal, net-ekspor berperan sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun 2017 hingga mampu menembus 5% pada saat pertumbuhan konsumsi rumah tangga melemah. Oleh karenanya, kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi daya beli dan pertumbuhan konsumsi masyarakat perlu dijalankan secara hati-hati, termasuk kebijakan terkait perpajakan.

CORE Indonesia mengundang kehadiran rekan-rekan untuk mendiskusikan kinerja ekonomi Indonesia pada triwulan pertama dan bagaimana kaitannya terhadap kinerja ekonomi secara keseluruhan di tahun 2018, pada acara CORE Quarterly Review: Mitigasi Dini untuk Mencapai Target Pertumbuhan yang akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggal   :     Selasa, 24 April 2018
Waktu            :     Pukul  09.30 - 13.00 WIB
Tempat           :    Hongkong Cafe, Jl. Sunda No.5, RT.8/RW.4, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.
Pembicara      :     Mohammad Faisal, PhD  (Direktur Eksekutif CORE Indonesia)
                           Prof. Dr. Ir Dwi Andreas Santosa, MS (Associated Researcher CORE Indonesia/Guru Besar IPB)
                           Dr. Piter Abdullah (Direktur Penelitian, CORE Indonesia)
                           Akhmad Akbar Susamto, Ph.D (Ekonom CORE Indonesia)
                       

Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.



Salam,

Mohammad Faisal, Ph.D
Direktur Eksekutif

Penerbitan obligasi pemerintah Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Surat Utang Negara (SUN) telah menjadi  salah...
Tahun 2019 adalah tahun krusial yang menjadi tahun pembuktian pemerintahan Jokowi-JK terhadap pencapaian target...