Selasa, 11 Desember 2018 06:39:20
Home | Buku
Bergegas dengan Cerdas Memenangi Persaingan MEA 2015
CORE Indonesia, Tuesday, 22 October 2013

Judul Buku :

Bergegas dengan Cerdas Memenangi Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Jumlah Halaman :

42 halaman

Penulis :

Hendri Saparini, Ph.D

Mohammad Faisal, Ph.D

M.Ishak

Drajad Kuswara


Buku "Bergegas dengan Cerdas Memenangi Persaingan Masyarakat Ekonomi Asean 2015" adalah buku kajian awal CORE Indonesia yang diterbitkan pada acara corporate launching CORE Indonesia pada 28 Oktober 2013 di Audiotorium Museum Nasional Indonesia. Buku ini secara garis besar membawakan dua hal utama, yakni paparan dari Direktur Eksekutif CORE Indonesia, ibu Hendri Saparini, Ph.D dan kajian pelaksanaan integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

Buku ini juga memaparkan mengenai empat isu penting yang perlu segera di antisipasi. Keempat isu tersebut ialah, pertama, implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) berpotensi menjadikan Indoensia sekedar sebagai pemasok energi dan bahan baku bagi industrialisasi di kawasan ASEAN, sehingga manfaat yang diperoleh dari kekayaan sumber daya alam minimal, tetapi beban defisit neraca perdagangan barang Indonesia yang saat ini paling besar diantara negara-negara ASEAN semakin bertambah. Kedua, implementasi MEA akan semakin melebarkan defisit neraca perdagangan jasa seiring peningkatan perdagangan barang. Ketiga, implementasi MEA akan membebaskan aliran tenaga kerja sehingga Indonesia harus mengantisiasi dengan menyiapkan strategi karena potensi membanjirnya tenaga kerja asing akan bertambang pada naiknya remintansi tenaga kerja asing yang akan berpotensi menjadi tambahan beban bagi Indoensia dalam menjaga neraca transaksi berjalan dan mengatasi masalah pengangguran. Terakhir, implementasi MEA akan mendorong masuknya investasi ke Indonesia dari dalam dan luar ASEAN.

Penerbitan obligasi pemerintah Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Surat Utang Negara (SUN) telah menjadi  salah...
Tahun 2019 adalah tahun krusial yang menjadi tahun pembuktian pemerintahan Jokowi-JK terhadap pencapaian target...